Selasa, 01 Mei 2012

American Airlines 96 (N103AA) - 1972

AMERICAN AIRLINES 96 adalah penerbangan dari dengan rute Los Angeles - New York dengan transit di Detroit dan Buffalo, yang pada 12 Juni 1972 mengalami lepasnya pintu kargo di dekat Windsor, Ontario, Kanada. Insiden ini sering juga disebut Windsor Incident (Insiden Windsor), dalam insiden ini tidak terdapat korban jiwa diantara 67 penumpang dan awaknya (56 penumpang dan 11 awak)

SEJARAH PESAWAT

N103AA 5 tahun setelah insiden tersebut (1977)

Pesawat yang digunakan adalah McDonnell Douglas DC-10-10 pesawat ini adalah pesawat baru, dan merupakan buatan ke 5 semenjak diproduksi, dengan Registrasi N103AA, pada saat insiden terjadi pesawat ini baru berumur 6 bulan.

KRONOLOGIS PENERBANGAN

Ilustrasi Komputer Pada Saat Pintu Kargo Lepas
AA 96 lepas landas dari Bandara Detroit pada 19:20 waktu lokal, penerbangan ini membawa 67 penumpang, (sebagian besar penumpang telah turun di bandara detroit). AA 96 akan mendarat lagi di bandara Buffalo, sebelum akhinya terbang ke bandara LaGuardia, New York.

Pada pukul 19:25, pada ketinggian 11750 kaki terjadi dekompresi di kabin dan kokpit pesawat. Pilot pertama kali berpikir bahwa pesawatnya mungkin telah menabrak sesuatu. Disaat yang sama, pedal kendali ekor (Rudder) langsung berbelok penuh ke kiri, dan mesin Jet pesawat tersebut langsung turun ke posisi Idle. Captain Bryce McCormick, Pilot pesawat tersebut langsung mengambil kontrol pesawat secara manual dan mencoba untuk mengembalikan tenaga mesin Jet pesawat tersebut. Pilot berhasil mengembalikan tenaga mesin di Sayap ( mesin no.1 dan no.3) sedangkan yang di ekor (mesin no.2) tidak merespon. Dan pilot pun mengirim sinyal Darurat kepada ATC.

Lepasnya pintu kargo menyebabkan lantai diatasnya runtuh, dan memacetkan kendali ke ekor pesawat dan mesin no.2. Tetapi untungnya tidak memutuskan jaringan Hydraulics sehingga pilot masih bisa menggunakan sebagian dari kendali pesawat. 

Akhirnya pada pukul 19:44, AA 96 kembali ke Bandara Detroit untuk melakukan pendaratan darurat.

EVAKUASI

Seluruh penumpang dalam pesawat selamat dalam insiden tersebut, mereka yang selamat juga mengatakan bahwa kartu petunjuk untuk keadaan darurat berguna dalam membantu penumpang untuk mencari pintu keluar terdekat. Dari 346 penumpang pesawat, hanya beberapa yang mengalami luka ringan.

INVESTIGASI

Foto Pintu Kargo sesaat serelah insiden tersebut

NTSB menemukan beberapa kursi, Peti Jenazah(yang dibawa di kargo), dan pintu kargo belakang di dekat Windsor, Ontario, Kanada. NTSB menduga bahwa penyebab lepasnya pintu kargo adalah bom. Tetapi pernyataan ini salah karena tidak cukup bukti. Begitu juga dengan dugaan bahwa AA 96 menabrak sesuatu, ini juga ditolak karena tidak cukup bukti.

Akhirnya setelah mereka menyelediki pintu kargo tersebut, mereka menemukan bahwa pintu kargo tidak terkunci dengan sempurna. Mereka juga mendapat pengakuan dari pengatur bagasi, bahwa pintu terkadang susah untuk ditutup dan dikunci.

Dan NTSB menemukan bahwa desain dan sistem kunci pintu kargo DC-10 bermasalah dan perlu diperbaiki  .
Tetapi 2 tahun setelah insiden tersebut Turkish Airlines 981, jatuh dengan masalah yang sama. Hal ini disebabkan karena McDonnell Douglas tidak membetulkan pintu tersebut.

N103AA pada tahun 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar